Retawu Farm, Keunikan Edutrip Agro di Ngawi Barat

Berwisata bersama teman atau keluarga tak perlu mahal. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Ngawi Barat seperti Sragen dan Ngawi, Retawu Farm menyediakan alternatif refreshing murah-meriah.

Bumi Retawu Farm adalah sebuah peternakan kambing perah yang berlokasi di Desa Kuniran, Kec. Sine – Ngawi. Letaknya tepat di utara pasar Sine, dapat ditempuh 60 menit dari pusat kota Ngawi atau 30 menit dari Sragen.

Jangan membayangkan Retawu Farm sebagai peternakan besar dan mewah, usaha ini justru merupakan minifarm yang dikelola oleh para peternak lokal. Didirikan oleh Muhamad Choirul Amri (Mas Choirul) sejak 2015, saat ini Retawu Farm memiliki 70-an ekor kambing etawa, sapera, dan kambing boer ras pedaging.

Berbeda dari kandang kambing yang umumnya bau dan kotor, di Retawu Farm justru sebaliknya. Bersih, rapi, dan warna – warni cocok untuk swafoto dan instagramable. Produk utama peternakan ini adalah susu kambing segar dan olahan sabun kecantikan dari susu kambing.

“Kami memang menjadikan Retawufarm sebagai tempat singgah keluarga atau anak – anak muda. Tempatnya bersih dan instagramable meskipun tidak besar”, ungkap Mas Choirul, pendiri Retawu Farm.

Di tempat ini anak – anak bisa bermain dengan kambing, memberikan makan atau minum kepada cempe. Bagi yang menginginkan petualangan lebih, bisa mencoba memerah susu kambing atau memandikannya.

Peserta Edutrip SDN Pangkur 1 mencoba memerah susu kambing (dok/retawufarm)

Retawufarm tak pernah sepi pengunjung. Selain perorangan atau keluarga, banyak juga yang datang berkelompok. Beberapa waktu lalu rombongan SDN Pangkur 1, MAN 4 Ngawi, dan MAN 3 Ngawi menjadikan tempat ini sebagai wahana edutrip.

“Di Retawu Farm anak – anak tidak hanya bermain, tetapi mendapatkan edukasi kesadaran wirausaha dan lebih dekat dengan alam”, ungkap Ridwan salah satu pembina Pondok Putri Daarul Qolam, MAN 3 Ngawi (Mantingan).

Banyak juga mahasiswa yang mengunjungi tempat ini untuk kerja praktek dan penelitian untuk skripsi. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti APEKA Karanganyar Jateng, IPB, dan UNS.

Mahasiswa APEKA KAranganyar Jateng daalam Kerja Praktek Mei 2018 (dok/retawufarm)

Sampai saat ini Retawu Farm belum menerapkan tiket masuk. Siapa saja bebas mengunjungi lokasi. Jika berkenan, silakan memberikan sumbangan seikhlasnya kepada penjaga kandang.

Selain peternakan kambing etawa, Retawu Farm juga mengembangkan budidaya Lele, hidroponik, serta olahan susu kambing. Informasi terbaru mengenai aktivitas Retawu Farm bisa diikuti di IG @retawufarm dan FB “Bumi Retawu Farm”.

Jika mengunjungi peternakan ini, jangan lupa juga untuk mampir di sanggar karawitan Anglur Selur dan Embung Kuniran. Letaknya masih dalam satu dusun Krajan, Desa Kuniran – Sine, Ngawi.

Edutrip SDN Pangkur 1 memberikan minum kepada cempe (dok/retawufarm)

“Kami menjadikan retawu farm tidak hanya sebagai peternakan, tetapi sebagai wahana edukasi dan praktek kewirausahaan anak muda. Sektor agro selama ini terkesan tidak menarik anak – anak muda”, jelas Mas Choirul mengakhiri percakapan dengan redaksi. (Redaktur)