Desa Girikerto, Ngawi, Sabet Penghargaan Dewi Cemara “Desa Wisata Cerdas, Mandiri, Sejahtera”

Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, kembali membuat prestasi dengan meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa, sebagai Dewi Cemara “Desa Wisata Cerdas, Mandiri, Sejahtera”. Penghargaan tersebut diberikan pada saat Festival Dewi Cemara yang dilaksanakan di area timur Taman Potre Koneng (Taman Bunga), Kabupaten Sumenep, Madura, hari Jumat hingga Minggu, tanggal 03-05 November 2023. Acara festival ini diselenggarakan oleh Pemprov Jatim melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim yang bekerjasama dengan Pemkab Sumenep.

Terhitung sebanyak 26 Kabupaten atau Kota yang turut berpartisipasi dalam festival tersebut dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti: Pameran Desa Wisata se-Jawa Timur, Sarasehan Desa Wisata, Virtual Tour Desa Wisata, Pagelaran seni dan UMKM.

Festival Dewi Cemara yang digelar ini merupakan suatu bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada desa wisata dalam rangka menumbuhkan motivasi pengelolaan desa wisata dan mendorong inovasi serta kreativitas masyarakat. Salah satu momen dalam rangkaian acara ini yaitu pemberian penghargaan berupa pelakat dan sertifikat Gubernur kepada 10 Desa Wisata terbaik yang ditentukan oleh juri.

Dalam kegiatan festival ini juga sebagai ajang promosi produk UMKM Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan memfasilitasi para pengelola desa wisata untuk mempromosikan desanya melalui lomba virtual tour yang memanfaatkan media digital sehingga desa-desa wisata di Jawa Timur dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 

Sumber: disparpora.ngawikab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *