Ternak.Co Aplikasi Peternakan Online Kekinian

Perkembangan teknologi digital yang kian pesat telah merambah kesemua lini kehidupan. Tidak hanya pada kebutuhan konsumtif, teknologi digital juga merambah sektor produktif. Bahkan peternak yang selama ini selalu menggunakan, cara tradisional dan manual, kini semakin terbantu dengan kehadiran platform manajemen ternak jarak jauh yang dikemas dengan nama Ternak.co.

Ternak.co merupakan portal yang memberikan informasi berkaitan dengan dunia peternakan di indonesia, terutama peternakan yang terkait dengan ruminansia (Hewan yang memamahbiak). Selain portal, Ternak.Co juga hadir dalam bentuk aplikasi Android untuk manajemen perkandangan dan monitoring ternak.

Salah satu founder Ternak.co, Rizha Fakhruddin menjelaskan bahwa platform yang ia bentuk kini telah tersedia dalam bentuk web dan aplikasi mobile.

“Ternak.co saat ini terbagi dalam 2 platform, yaitu web dan mobile aplikasi yang tersedia di playstore. Versi web difokuskan untuk media referensi, sedangkan mobile aplikasi fokus untuk manajemen kandang dan ternak,” terang Rizha.

Platform yang didesain untuk memudahkan kegiatan peternakan ini saat ini telah tersedia dengan fitur pencatatan garis keturunan, pencatatan tumbuh kembang ternak, pencatatan pengobatan ternak, dan fitur chat.

“Fitur-fitur sudah tersedia, dan akan terus dikembangkan. Salah satu yang penting adalah dengan aplikasi ini para peternak dapat mengelola beberapa peternakan sekaligus dalam satu aplikasi,” tambah Rizha.

Menurut Rizha, platform ternak.co yang ia kelola berfungsi untuk mengamati perkembangan peternakan yang lokasinya berada jauh dari aktivitas sehari-hari pemiliknya.

“Ya ide dari platform ini berawal dari kondisi yang saya alami. Saya memiliki peternakan, lokasinya jauh dari rumah. Saya ingin mengamati perkembangan peternakan saya. Dari situlah ide ternak.co ini dikembangkan,” ungkap Rizha yang telah lama bergelut di bidang IT.

Senada dengan Rizha, Co Founder ternak.co, Choirul Amri, yang juga pemilik usaha Peternakan Bumi Retawu Farm Ngawi menjelaskan bahwa ternak.co dihadirkan untuk memudahkan peternak dan investor memantau perkembangan hewan ternak.

“Saat ini investor peternakan biasanya mendapatkan laporan secara manual. Aplikasi ini memudahkan investor memantau tumbuh kembang ternak secara online”, ungkap Choirul.

Roadmap Ternak.co adalah menjadi platform crowdfunding yang menjembatani investor, peternak, dan manajemen farm sehingga memajukan dunia agrobisnis di Indonesia.

Ikuti perkembangan dan informasi terbaru dari mereka di Ternak.co. (Red)