Raih Beasiswa LPDP, Ini Dia Syaratnya

Berencana melanjutkan pendidikan namun terhalang pembiayaan? Jika anda mempunyai tekad kuat, anda bisa mengambil beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Saat ini pemerintah juga memfasilitasi program beasiswa yang diselenggarakan melalui LPDP. Dengan beasiswa LPDP ini, Anda bahkan bisa melanjutkan pendidikan di  dalam maupun luar negeri.

Tahun 2019 ini beasiswa LPDP juga tidak sepi peminat. Pastikan anda mempersiapkan diri secara total untuk berkompetisi meraih kesempatan yang satu ini. Dikutip dari laman resmi LPDP, pendaftaran beasiswa LPDP 2019 bisa di akses hingga 10 September 2019. Dan nantinya pada tanggal 11 September 2019 hingga 18 Desember 2019, pendaftaran bisa mengakses seleksi administrasi, seleksi komputer dan seleksi wawancara.

Berencana Daftar Beasiswa LPDP? Ini Dia Syaratnya!

Anda tidak cukup menyiapkan diri dengan berlahir soal – soal yang akan diujikan saat seleksi berbasis komputer saja. Tahap pertama yang perlu anda lewati yakni pemberkasan. Di sini anda perlu mengetahui apa saja persyaratan (biasanya berupa dokumen) yang perlu disiapkan.

Baik untuk seleksi beasiswa dalam negeri maupun luar negeri, LPDP membukanya melalui dua tahap. Sayangnya tahap pertama sudah ditutup pada bulan Juni lalu. Nah, berikut ini beberapa persyaratan beasiswa LPDP 2019 yang perlu anda perhatikan:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Telah menyelesaikan suatu program dengan rincian D4, S1, S2, S2 Perguruan Tinggi Negeri yang tentunya sudha terakreditasi oleh BAN-PT, Perguruan tinggi dari Kedinasan dalam negeri atau luar negeri yang sudah diakui oleh kemenristekdikti.
  3. Tidak sedang atau telah menempuh Studi Degree atau Non Degree.
  4. Melampirkan surat kesehatan dan bebas narkoba dari dokter atau rumah sakit.
  5. Surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar sesuai bidangnya.
  6. Menulis proposal studi.
  7. Memenuhi ketentuan batas usia. Maks 35 tahun (pendaftar Magister), 40 tahun (pendaftar Doktorial).
  8. IPK jenjang study sebelumnya minimal 3 pada skala 4 dan 3,25 untuk doktoral
  9. TOEFL ITP 500/IELTS 6,0, TOAFL 500 (magister dalam negeri).
  10. TOEFL IBT 80/IELTS 6,5, TOAFL 550 (magister luar negeri).

Jika syarat diatas telah terpenuhi maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni mengikuti alur pendaftaran. Masih sama seperti tahun sebelumnya, beasiswa LPDP 2019 ini juga diproses secara online. Anda bisa melakukan pendaftaran, pengisian formulir dan mengunggahnya di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Ketentuan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2019

Beasiswa LPDP ini tidak bisa anda dapatkan secara gampang. Selain mempersiapkan diri menguasai soal – soal yang akan diujikan, Anda juga mesti faham alur pemberkasan serta ketentuan khusus beasiswa ini. Nah, berikut ini ketentuan khusus yang perlu anda perhatikan:

  • Jika anda lolos dalam tahap seleksi administrasi maka anda bisa mengikuti seleksi lanjutan berbasis komputer yang meliputi TPA (Tes Potensi Akademik), Tes Kepribadian dan on the spot essay writing.
  • Anda tetap bisa mendaftar kembali pada tahap kedua di tahun yang sama jika anda belum lolos seleksi administrasi maupun seleksi komputer. Ketentuan ini berlaku saat anda mengambil program yang sama maupun berbeda dengan pendaftaran pertama.
  • Anda tidak bisa mendaftar kembali pada tahap kedua jika gagal pada selesi wawancara. Ketentuan ini berlaku untuk pendaftaran di tahun yang sama.
  • Seleksi tahap kedua paling cepat diberlakukan pada bulan Januari 2019

Jika anda mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos pada seleksi wawancara, maka anda akan terblokir untuk melakukan pendaftaran di tahun berikutnya. Kecuali jika anda sakit dan dapat dibuktikan dengan data yang valid dari pihak medis.