Keren, Warga Lamongan Bikin Pesawat Terbang Jenis STOL

Duniangawi.com – Pria asal Lamongan, Jawa Timur bisa merakit pesawat terbang sendiri. Suryanto alias Heri Santoso, mampu merakit pesawat terbang jenis short take-off and landing (STOL).

Tidak hanya satu, Suryanto bahkan telah merakit tiga buah pesawat. Suryanto merakit pesawat tersebut di kampung halaman istrinya di Ciamis.

“Saya mengerjakan pesawat ini di kampung halaman istri saya di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,” ujar Suryanto, dikutip dari CNN Indonesia.

Setelah pesawat itu selesai dirakit, ia membawanya pulang ke kampung halaman, di Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan.


Dia mengisahkan, kemampuan untuk merakit pesawat terbang itu dia dapat saat bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Alaska, Amerika Serikat. Dia bekerja di salah satu perusahaan pembuatan pesawat.

Pesawat STOL buatan Suyanto dilengkapi dengan 2 kursi penumpang. Pesawat rakitannya mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam.

Suyanto menyebut, untuk bahan bakar pesawat STOL tersebut berkapasitas 80 liter avtur, dengan durasi terbang kurang lebih 4 jam penerbangan.

Saat ini, pesawat bikinan Suryanto hanya terparkir di halaman rumah miliknya. Dia masih menunggu uji kelaikan terbang dari pihak terkait.

“Pesawat jenis STOL sangat cocok untuk di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Tidak membutuhkan landasan yang panjang, lapangan sepak bola saja sudah sangat cukup, bahkan terlalu panjang. Jadi sangat cocok untuk ke pulau-pulau.”

Baca selengkapnya di CNN Indonesia.