Presiden Jokowi Terus Perjuangkan Hak Asasi Manusia Di Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya

Pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Indonesia oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk memperjuangkan hak-hak asasi manusia dibidang ekonomi, sosial, dan budaya. Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya pada saat acara Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

Bapak Kepala Negara, yaitu Jokowi, berpendapat bahwa kemiskinan ekstrim harus dientaskan hingga nol persen dalam waktu yang sesingkat-singkatnya serta kesempatan kerja harus dibuka seluas-luasnya dan untuk meningkatkan akses keadilan ekonomi, sosial, dan budaya bagi seluruh rakyat yang ada di Indonesia maka Pemerintah harus tetap dan terus bekerja keras untuk membangun mulai dari pinggiran, desa, hingga perbatasan, sehingga hak-hak terhadap pembangunan juga dapat terpenuhi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan berbagai upaya-upaya guna memenuhi Hak Asasi Manusia dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Beberapa upaya tersebut diantaranya adalah:

  1. Membangun infrastruktur yang merata ke seluruh penjuru tanah air,
  2. Membuka investasi untuk hilirisasi yang dapat membuka banyak lapangan kerja,
  3. Mengeluarkan kebijakan untuk memenuhi hak dalam bidang ekonomi seperti hak atas pekerjaan yang layak, hak atas akses ke pasar, dan hak atas perlindungan konsumen,
  4. Mengeluarkan kebijakan untuk memperjuangkan hak-hak budaya masyarakat seperti hak atas kebebasan berekspresi, hak atas perlindungan hak cipta, dan hak atas akses ke warisan budaya.

Presiden Joko Widodo juga menegaskan bahwa untuk dapat memenuhi hak-hak asasi manusia di bidang ekonomi, sosial, dan budaya ini tidak secara mutlak sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah, masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan. Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak, maka diharapkan HAM di Indonesia ini dapat terus diperjuangkan dan terwujud secara merata.

 

Sumber : presidenri.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *