Rekomendasi Kuliner Khas Ngawi yang Wajib Dicoba

Selain berbagai pilihan obyek wisata yang menarik di Ngawi, Kabupaten ini juga memiliki beberapa makanan khas, asli dari Ngawi yang sangat direkomendasikan dan wajib untuk di coba.

Wedang cemue.

Wedang merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti minuman dalam bahasa Indonesia. Wedang cemue dihidangkan saat panas sehingga sangat cocok untuk diminum di malam hari guna menghangatkan tubuh. Isi dari wedang ini sangat sederhana, yaitu santan yang telah dimasak, roti tawar, dan kacang kelinci atau kacang mutiara, misalnya kacang tanah.

Intip ketan

Makanan khas ini memiliki tampilan persegi panjang pipih dan ditaburi dengan kelapa parut, gula halus, juga tepung kedelai di tengahnya. Intip ketan ini sering dijajakan di sekitar Alun-Alun Ngawi.

Keripik tempe.

Kripik tempe ini terbuat dari kedelai putih. Ada sekitar 312 industri rumahan yang memproduksi kripik tempe. Makanan ini merupakan jenis makanan ringan yang dapat dibeli di Dusun Sadan, Desa Katang Tenga Purandong, Kabupaten Ngawi atau juga tersedia di toko-toko makanan ringan. Kripik tempe biasanya dijadikan oleh-oleh sehingga jajanan ini juga dapat ditemukan di pusat oleh-oleh.

 

sumber : disparpora.ngawikab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *