Cara Membuat Brem, Makanan Unik Khas Kota Madiun

Brem merupakan makanan khas dari Kota Madiun yang sering dibeli dan dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh, sehingga brem ini juga bisa diperoleh di beberapa tempat pusat oleh-oleh, bahkan Anda juga bisa menemukan penjual Brem di jalanan atau di dalam bus umum.

Rasa yang dihasilkan dari Brem adalah rasa manis khas tape dan jika dilihat dari segi teksturnya sendiri, makanan Khas Madiun ini apabila dipegang memang padat dan terlihat krispi, tetapi jangan tertipu dengann tampilannya karena ketika bertemu dengan lidah dan air liur brem akan lumer di mulut, membeku dan menghilang dengan sendirinya, bahkan Anda tidak perlu mengunyah untuk memakannya. Keunikan dari cita rasa brem inilah yang membuat orang ketagihan untuk mencium atau membeli beberapa kotak brem.

Nah, jadi kalau sedang jalan-jalan ke Kota Madiun, jangan lupa untuk membeli makanan khas yang unik ini ya. Namun juga jangan khawatir, buat yang udah penasaran banget sama keunikannya brem, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat brem:

Sangat simpel, bahan utama membuat brem adalah beras ketan.

  1. Masak beras ketan
  2. Berikan ragi tape dan tunggu hingga menjadi tape
  3. Peras tape sampai keluar sarinya
  4. Masak sari tape tersebut dan berikan perasa
  5. Cetak sari tape yang sudah matang ke dalam wadah kotak dan tunggu hingga kering/padat
  6. Potong-potong menjadi beberapa bagian
  7. Brem sudah jadi dan siap dinikmati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *