Cerita Sendang Tawun Pemandian Tertua Ngawi

Yuk, kenali lebih dekat tentang Tawun Ngawi atau Sendang Tawun melalui asal usul sejarah dan daya tarik tempatnya.

Kabupaten Ngawi memiliki berbagai destinasi wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Sendang Tawun. Sendang Tawun merupakan tempat pemandian tertua di Ngawi. Yuk, kenali lebih dekat tentang Tawun Ngawi ini.

 

Asal-Usul Sejarah Sendang Tawun

Sebagai tempat pemandian tertua di Ngawi, Sendang Tawun memiliki sejarah yang unik. Asal cerita Tawun Ngawi berawal pada abad 15. Pada mulanya Ki Ageng Tawun menemukan mata air yang diberi nama Sendang Tawun dan Ki Ageng Tawun. Ki Ageng Tawun memiliki dua orang putra, salah satunya adalah Raden Lodrojoyo.

Pada suatu hari rakyat mengalami musim kemarau panjang. Melihat kesengsaraan rakyat, Raden Lodrojoyo bertekad untuk melakukan semedi memohon kepada Tuhan untuk membantu warga yang bekerja sebagai petani agar sawah mereka tidak kering.

Pada suatu malam, warga mendengar suara keras menggelegar. Mereka berlari keluar rumah mencari asal bunyi ledakan dan melihat Sendang Tawun telah berpindah ke posisi yang lebih tinggi di area persawahan. Namun, Raden Lodrojoyo menghilang. Untuk mencari Raden Lodrojoyo warga sampai menguras sumber mata air dan mereka tidak menemukan jasadnya. Sampai saat ini, ritual Adat Bersih Sendang (Duk Beji) masih dilakukan untuk mengenang peristiwa tersebut.

 

Daya Tarik Sendang Tawun

Pemandian Tawun Ngawi ini memiliki berbagai daya tarik sebagai destinasi wisata. Di sana Anda akan melihat pemandangan alam pepohonan hijau dengan berbagai binatang khas, seperti monyet, burung, dan bulus. Selain itu, terdapat kolam renang, sarana olahraga, taman bermain, dan arena waterboom yang cocok untuk anak-anak.

Jika Anda suka memancing, Anda bisa memancing ikan di kolam pemancingan yang ada di tempat pemandian. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berfoto di spot-spot foto yang menarik. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan secara langsung Ritual Adat Bersih Sendang (Duk Beji), menguras mata air Sendang Tawun yang dilaksanakan setiap tahun.

 

Lokasi Sendang Tawun

Taman wisata pemandian Sendang Tawun berada di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Tempat pemandian ini sangat terjangkau. Harga tiket masuk ke taman wisata ini hanya dikenai Rp5.000.

Nah, menarik bukan informasi tentang asal usul dan daya tarik pemandian tertua, Tawun Ngawi ini. Jangan lupa kunjungi Sendang Tawun ketika berkunjung ke Kabupaten Ngawi. (Redaksi)