Mak Nyus, Wedang Tape Ketan Mbah Baron Ngrambe

Ada banyak ragam kuliner di wilayah kabupaten Ngawi. Khususnya di bagian sebelah barat yang berada di daerah lereng gunung lawu. Wajar jika warung-warung banyak bermunculan di daerah yang merupakan perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut. Karena selain merupakan daerah pegunungan, juga banyak tempat-tempat wisata alam yang ada di sekitar tiga kecamatan itu.

Salah satu warung yang menarik untuk dicoba adalah warung “Mbah Baron”. Warung ini berada di desa  Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi.  Posisi warung yang berada di tepi sungai baron sangat menarik minat para pengendara jalan untuk mampir sekedar menikmati suasana alam dan merasakan nikmatnya wedang tape ketan buatan sendiri.

 

Warung “mbah Baron”menyediakan beberapa menu makanan dan minuman yang khas dengan suasana pedesaan. Wedang tape ketan dan wedang uwuh adalah minuman andalan dari warung tersebut. Selain kopi, teh, dan lain-lain.  Untuk menu makan, di warung mbah Baron hanya menyediakan soto. Sebagai pelengkap menu, disediakan berbagai macam jajanan dan gorengan.  Mulai dari rica-rica ayam, tahu, tempe, bakwan, tape ketan, onde-onde dan masih banyak lagi.

Dengan area parkir yang luas, maka warung mbah Baron tidak pernah sepi setiap harinya. Terlihat dari banyaknya mobil dan motor yang terparkir di depan warung. Pengunjung warung mbah Baron milik pak Sihwiyanto terdiri dari berbagai kalangan. Mulai warga sekitar, orang-orang perkantoran hingga pengendara mobil dan motor yang kebetulan melewati jalan tersebut. Dan rata-rata para pengunjung betah saat berada di warung mbah Baron karena suasana sekitar warung itu sangat teduh dengan banyaknya pepohonan disekitarnya. Mereka bisa istirahat sambil menikmati wedang tape ketan maupun kopi panas ala mbah Baron.

Anak-anak mudapun banyak yang menjadikan warung mbah Baron sebagai tempat berkumpul dan ngobrol bersama teman-temanya, selain berselfie ria di sungai Baron. Karena memang warung mbah Baron persis berada di pinggir sunga Baron, Ngrambe, Ngawi. (red/erbas)