Sensasi Mlanding Pecel Mbah Rus Jogorogo

duniangawi.com – Jika kalian sedang berada di desa Jogorogo, Kabupaten Ngawi, silahkan mampir untuk mencoba nasi pecel “mbah Rus”.  Sajian nasi pecel yang terdiri dari rebusan daun bayam, kol, dan kuncup bunga turi sangat nikmat  sekali saat sarapan pagi di warung tersebut. Ditambah dengan telur bebek dadar, daun kemangi dan biji lamtoro (bhs jawa : mlanding) membuat rasa pecel makin sedap. Apalagi  dengan olesan sambal kacang yang ditumbuk sendiri lebih  menggugah selera makan kita.

Selain nasi pecel, warung sederhana tersebut menyajikan menu makanan yang lain. Sayur bening yang dipadu dengan sambal korek juga menjadi andalan di warung itu. Sementara minuman andalan dari warung mbah rus adalah kopi bubuk hitam yang ditumbuk sendiri.

Pengunjung warung mbah Rus selain warga sekitar, juga banyak dari kalangan perkantoran, para wartawan, juga para anggota LSM. Karena memang di warung tersebut sangat nyaman untuk ngobrol dan berdiskusi berbagai hal. Biasanya kalau pagi, para warga sekitar datang ke warung mbah Rus sekedar menikmati kopi cangkir dan tahu goreng yang masih hangat sambil ngobrol ringan dengan sesama warga sebagai bentuk interaksi sosial mereka. Kemudian menjelang siang para pegawai yang sedang dinas lapangan mampir untuk istirahat sejenak. Kopi cangkir  dan nasi pecel tetap menjadi pilihan mereka.

Warung nasi pecel Mbah Rus sudah berdiri sejak 30 tahun lalu.  Dengan pengalaman puluhan tahun tersebut, tidak heran jika rasa masakannya sangat sesuai dengan selera lidah para pengunjung. Warung pecel mbah Rus buka setiap hari mulai pukul  07.00 WIB pagi. Mengingat usia pemilik warung sudah tua, maka menjelang pukul 15.00 WIB warung tersebut sudah tutup.

Ok. Mau nyoba merasakan nikmatnya minum kopi plus makan nasi pecel ? silahkan mampir di warung mbah Rus. Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Tepatnya dari pertigaan pasar Jogorogo ke timur kurang lebih 300 meter kiri jalan jurusan Kendal. (Erbas)