Tidak Banyak Yang Tau, Biji Sengon Buto Bisa Bikin Kaya

Duniangawi.com – Pohon sengon mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Salah satu pohon yang bisa dimanfaatkan kayunya sebagai bahan meubel atau bangunan itu banyak tumbuh subur di kawasan hutan Kabupaten Ngawi.

Tidak hanya kayu yang bisa dimanfaatkan, rupanya biji sengon juga bisa dijual menjadi pundi-pundi rupiah. Namun, bukan biji pohon sengon biasa. Adalah biji sengon buto yang memiliki harga jual yang tinggi.

Agus Purwanto, pengepul biji sengon buto

Seperti penuturan Agus Purwanto, warga Desa Banyubiru, Widodaren, Ngawi. Pria yang juga guru honorer di salah satu SMK swasta itu telah menggeluti bisnis pengepul biji sengon sejak bertahun-tahun lamanya.

“Sudah sejak tahun 2013 menjadi pengepul biji sengon buto dari para petani,” kata Agus saat dikonfirmasi duniangawi.com, Jumat (24/12/21).

Agus mengatakan, biji sengon memiliki harga yang lumayan. Satu kilogram biji sengon buto bisa mencapai Rp6-7 ribu. Masih lebih mahal dibandingkan sekilo gabah. Harga itu, untuk dari petani langsung.

Meskipun hanya ribuan rupiah saja, menurutnya, petani sudah sangat untung. Mengingat petani hanya tinggal mengumpulkan biji sengon buto kering dari bawah pohon sengon buto yang sudah berumur.

“Jelas menguntungkan bagi petani. Karena tidak perlu menanam, tidak ‘ngopeni’ istilahnya, cuma tinggal mengumpulkan dari bawah pohon. Kalau tekun, dan saat musim, sehari bisa 10 kilogram,” urai Agus.

Saat sedang musim, dalam satu pekan, Agus bisa mengepul biji sengon buto dari petani sebanyak 8 kwintal hingga 1 ton biji sengon buto kering.

Biji sengon buto kering, berharga Rp6-7 ribu perkilogram

Agus biasa mendapatkan biji sengon buto dari petani sekitaran Ngawi saja. Namun tidak jarang juga mengambil dari luar daerah jika banyak pesanan.

“Dari sejumlah itu, satu bulan bisa untung bersih sampai Rp9 jutaan, kalau pas musim,” ungkapnya.

Biji sengon buto, kata Agus, banyak dicari karena dipercaya mengandung khasiatnya. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan meredakan asam urat.

Selain menjual produk mentah, Agus juga memproduksi biji sengon buto olahan. Yakni sengon buto yang diolah semacam kacang goreng. Harga jualnya, satu kilo siap makan dipatok Agus Rp50 ribu.

Tertarik untuk mengepul biji sengon buto?, Pohon sengon buto, biasanya mulai berbuah saat musim kemarau. Biasanya berbuah satu tahun sekali.

Yang perlu diingat, pohon sengon buto memiliki bentuk yang berbeda dengan sengon lainnya. Yakni, pohon sengon buto berciri pohon banyak dahan sejak dari pangkal, dan buahnya besar menyerupai jengkol. (mif)