Kebun Inspirasi, Agrowisata Petik Anggur Inspirasi Kawula Muda

Duniangawi.com – Lahan kosong yang sebelumnya hanya menjadi tempat sampah, oleh warga Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi berhasil disulap menjadi kebun buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Adalah Eva Kustiana, wanita dibalik adanya Kebun Inspirasi. Sebuah perkebunan anggur yang menciptakan situasi wisata (Agrowisata) di desa setempat.

Eva Kustiana, wanita dibalik Kebun Inspirasi

Eva demikian dia akrab disapa, adalah pengelola sekaligus co founder Kebun Inspirasi ini. Ditemui di area Kebun Inspirasi, Eva membeberkan awal mulanya kebun ini berdiri.

“Dulunya ini kebun yang terbengkalai, malah sempat jadi tempat sampah. Kemudian oleh saudara saya ditanam berbagai macam jenis buah. Ada jeruk, pisang, dan lainnya,” kata Eva kepada duniangawi.com, pada Minggu (26/12/21).

Kebun Inspirasi, pengunjung bisa cicipi buah anggur segar

Ide penanaman buah anggur berasal dari pembudidaya anggur warga setempat. Awalnya, terbersit rasa ragu, mengingat anggur dikenal sebagi tanaman di lahan kering. Sedangkan lahan milik Eva berada di area pegunungan yang basah.

“Ternyata sebelumnya sudah ada yang nanam, dan bisa berbubah meskipun di pegunungan. Seperti di kebun ini, tanaman anggur baru berumur 10 bulan, dan sudah berbuah semua,” ujarnya.

Kebun Inspirasi saat ini memiliki koleksi pohon anggur sebanyak 60 batang pohon. 40 diantaranya sebagai lorong kebun, dan sisanya untuk kebun produksi.

Eva mengungkapkan, dengan adanya Kebun Inspirasi itu, diharapkan bisa menjadi inspirasi khususnya untuk kawula muda agar tetap produktif, kreatif dan inovatif meskipun tinggal di desa.

“Jangka panjangnya kita ingin Kebun Inspirasi ini menjadi wisata edukasi,” ujar alumni Universitas Brawijaya itu.

Selain adanya kebun anggur sebagai ikon Kebun Inspirasi, di sana juga terdapat kebun buah pisang cavendish, kebun jambu, dan kebun sayur.

Pengunjung bisa juga membeli oleh-oleh berupa buah anggur segar

Wisatawan yang mengunjungi Kebun Inspirasi hanya ditarik tiket masuk sebesar Rp10 ribu saja. Seharga itu juga sudah termasuk gratis segelas kopi dan camilan produksi UMKM sekitar.

“Kopi dan camilan berasal dari UMKM desa sini. Secara tidak langsung kita juga memberdayakan perekonomian masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Berada di kawasan pegunungan, Kebun Inspirasi tentunya memiliki suasana yang asri alami. Hawa sejuk bakal membalut tubuh selama berada di sana dan bikin betah untuk berlama-lama. Apalagi, pengunjung juga dibolehkan untuk mencicipi buah anggur segar dari perkebunan.

Tidak hanya itu, di tempat itu juga disediakan bangku-bangku buat nongkrong dan bersantai menikmati suasana. Walhasil, keseruan wisata akhir pekan akan lebih paripurna apabila berkunjung ke Kebun Inspirasi.

Tertarik berkunjung?, Lokasi Kebun Inspirasi berada persis di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Lokasinya tidak jauh dari wisat alam Air Terjun Pengantin. (Mif)