Berkenalan dengan Yoga Gembul, YouTubers Ngawi 1,5 Juta Pelanggan

Bagi sebagian orang, nama Ari Yoga Wisnu Pradana mungkin masih asing. Pemuda kelahiran Desa Klitik, Kecamatan Geneng, Ngawi 24 tahun yang lalu itu, lebih tenar dengan nama Yoga Gembul.

Ya, Yoga Gembul, adalah salah satu channel YouTube kreasi warga Ngawi. Saat ini, chanel YouTube itu memiliki 1,5 juta pelanggan setia. Dengan kata lain, akun tersebut menyandang Gold Play Button.

Yoga Gembul terkenal lewat konten-konten dirinya yang beda dari yang lain. Konten produksinya tergolong unik dan menarik. Yaitu seputar mercon, layang-layang, dan eksperimen.

Yoga Gembul YouTubers asal Ngawi

Ditengah kesibukannya sebagai seorang konten creator, Yoga membeberkan awal kisah dirinya terjun dalam dunia YouTube.

“Sekitar tahun 2017 mulainya. Awalnya memang hobi bikin video untuk Instagram, setelah tahu kalau YouTube itu membayar, kemudian pindah fokus pada YouTube,” katanya.

Yoga mulai berkenalan dengan aplikasi berbagi video itu saat dirinya masih duduk di bangku kuliah. Bermodal kamera seadanya, Yoga mulai coba-coba berkreasi membuat video.

Berbagai jenis video dia buat. Tentang kuliner, traveling, hingga moto vlog dia buat. Namun, Yoga mengaku saat itu videonya tidak begitu laku. Hanya segelintir pasang mata yang melihat karya video Yoga.

“Selama dua tahun akun YouTube tidak ada perkembangan,” katanya.

Pemuda alumni SMA N 2 Ngawi tersebut tidak kenal kata menyerah. Tepat di tahun kedua bermain YouTube, salah satu konten produksinya rupanya banyak menarik penonton.

Berkat konten mercon Yoga Gembul dapat Gold Play Button

Konten tersebut berkaitan dengan mercon. Yang kebetulan, saat itu memang tengah memasuki bulan Ramadhan. Konten tepat di waktu yang tepat. Dan jadi booming.

Sadar akan potensi akan karyanya, Yoga mulai fokus menggarap video seputaran mercon. Menyalakan mercon berbagai jenis, eksperimen dan banyak lagi lainnya.

“Saat itu kebetulan tengah Ramadhan. Dan akun YouTube sudah berhasil Monet, cuma belum bayaran. Karena di YouTube kan ada aturan batas minimal penarikan,” jelas dia.

Berkat konten mercon, penonton dan pelanggan di kanal YouTube miliknya terus bertambah. Merangkak naik dan pasti. Hingga sekarang, pelanggan setia sudah menyentuh angka satu setengah juta.

Yoga mengaku saat ini dirinya full timer sebagai seorang YouTuber. Kegiatan sehari-hari seputar membuat konten dan mengembangkan kanal.

Dari YouTube juga, kehidupan Yoga bisa berubah. Hal-hal yang dia inginkan bisa terwujud dari kerja keras dirinya.

“Alhamdulillah bisa membeli mobil dan membangun rumah. Yang paling mengesankan saat bisa membuat sumur bor untuk sawah orang tua,” ujarnya.

Ari Yoga Wisnu Pradana atau Yoga Gembul, adalah salah satu YouTubers asal Ngawi yang kepopuleran dirinya tak kalah dengan Deny Caknan. Keduanya sama-sama asli Ngawi, hanya berbeda segmentasi konten dan penonton setianya. (mmf)