Resep Cemue, Minuman Hangat Khas Ngawi

Ingin tahu rasa unik dan cara membuat cemue Ngawi, minuman khas Ngawi? Yuk, disimak.

Jika berkunjung ke Kabupaten Ngawi, Anda harus mencoba minuman khas Ngawi, yaitu Cemue. Minuman cemue Ngawi ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin atau saat hujan. Seperti apa minumannya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, cari tahu.

Apa itu Cemue?

Jalan-jalan ke Ngawi sambil mencicipi minuman hangat, cemue Ngawi dapat memberikan pengalaman yang unik. Minuman ini merupakan sejenis wedang yang dibuat dari bahan dasar irisan roti tawar dan santan yang hangat.

Cemue memiliki rasa yang unik karena berani mengombinasikan rasa gurih santan dengan manisnya gula tebu, pedasnya jahe dan tekstur roti tawar yang berserat. Keunikan lainnya adalah minuman tersebut ditaburi dengan krenyes kacang tanah (klici), bawang merah goreng, serta aroma wangi daun pandan.

Yang membuat minuman ini berbeda dengan jenis wedang yang lain adalah campuran rasa jahe, kacang, dan bawang goreng. Bagi sebagian orang yang tidak pernah mencoba minum ini, akan merasakan rasa yang tidak biasa atau aneh.

Sajikan minuman cemue pada malam hari atau saat cuaca sedang dingin karena hujan untuk menghangatkan badan. Lebih enak jika cemue ini disajikan dengan aneka gorengan hangat, seperti pisang goreng dan ubi goreng.

 

Bagaimana Cara Membuat Cemue?

Ternyata mudah sekali membuat cemue. Semua bahan mudah didapat dan cara membuatnya sangat sederhana.

Bahan-Bahan Minuman

  • 3 lembar roti tawar yang dipotong kotak-kotak kecil
  • 3 cangkir air putih
  • 1 cangkir santan kental
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm air parutan jahe
  • Garam
  • Daun pandan yang telah diikat dan diremas-remas

Bahan untuk Topping/Taburan

  • Bawang merah goreng
  • Kacang tanah (klici) yang dikupas dan digoreng

Cara Membuat

  1. Rebus garam, jahe, gula, garam, dan daun pandan dengan menggunakan api kecil. Aduk rebusan air yang dicampur gula hingga larut.
  2. Tambahkan 1 cangkir santan. Aduk santan terus menerus agar tidak pecah. Lalu, didihkan.
  3. Tuangkan santan hangat ke dalam gelas dan tambahkan potongan roti secukupnya. Taburi kacang tanah dan bawang goreng. Sajikan saat hangat bersama gorengan.

Jadi, jangan lupa mampir minum cemue Ngawi ketika jalan-jalan ke Ngawi. Anda juga bisa membuat sendiri minuman ini di rumah untuk dinikmati bersama keluarga. (Redaksi)