Dahsyatnya Rica – Rica Enthok Kantin “Mbak Susi” Ngrambe

duniangawi.com — Saat ini wisata desa dan wisata kuliner menjadi trend tersendiri bagi masyarakat. Sehingga banyak warga desa yang memanfaatkan peluang bisnis tersebut khususnya kuliner. Begitu juga di desa Desa Ngrambe. Warga desa pimpinan Edy Santosa, Kepala Desa yang baru dilantik 2019 yang lalu banyak yang melakukan usaha sejenis dengan berbagai macam keanekaragaman dan kekhasan rasa. Mulai dari warung kopi plus jajanan gorengan, rica-rica, sampai pada warung / kantin yang menyediakan menu makanan berat seperti ayam bakar, nasi sayur dan lain sebagainya.

Satu dari sekian banyak warung yang ada di desa Ngrambe itu adalah kantin “Mbak Susi”, yang terletak di dukuh Sanggrahan RT. 03 RW. 05 Ngrambe. Nama warung tersebut sesuai dengan nama pemiliknya yaitu “Susi”, asli warga desa setempat.

Kantin “Mbak Susi” berdiri sejak tahun 2010 yang lalu. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun dan kepiawaianya dalam hal masak memasak, kantin tersebut menyediakan jenis menu makanan yang beragam. Ada rica-rica enthok, gado-gado, lontong kecap, rujak petis, dinsum ayam, salad buah dan aneka jenis minuman. Dari sekian menu yang ada, rica-rica enthok selalu menjadi incaran para pembeli karena selain rasanya sangat dahsyat dan lezat, menu tersebut menjadi sajian andalan di kantin milik Ibu dua orang anak itu.

Selain rasa masakannya yang nikmat, harga tiap makananpun sangat bersahabat. Tidak heran jika kantin “Mbak Susi” selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang memesan makanan untuk dibungkus dan di bawa pulang. Mereka ada yang cuma membeli lauknya saja, ada yang memesan nasi lengkap dengan sayur dan minuman.

Kantin yang memiliki banyak pelanggan itu buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Saat buka pagi hari, biasanya banyak masyarakat memesan makanan untuk dibungkus dan di bawa pulang. Selain ada yang sarapan pagi di tempat. Siang harinya para pegawai instansi pemerintah maupun swasta datang ke kantin untuk makan siang sekaligus bersantai menghabiskan waktu jam istirahat kantor. Dan pada saat malam di kantin yang pernah berlokasi dekat Kantor Kepala Desa Ngrambe tersebut selalu ramai oleh anak-anak muda dan warga sekitar sekedar minum kopi dan jajanan ringan sambil ngobrol kesana kemari sebagai bentuk interaksi sosial warga.

Dengan kemahiran meracik bumbu masakan yang menghasilkan rasa sensasi, dan kemampuan membuat berbagai jenis olahan kuliner, Susi, istri pemilik bengkel mobil “Mas Bro” ini juga menerima pesanan untuk keperluan rapat, dan lain-lain dalam jumlah banyak.

Bagi kalian yang sedang berada di desa Ngrambe atau berwisata di Air Terjun Pengantin maupun Air Terjun Srambang, pasti akan melewati desa Ngrambe. Silahkan mampir untuk mencoba dahsyatnya rica-rica methok di kantin “Mbak Susi”. (red/erbas)